Wednesday 23 February 2011

Ark Hotel, Desain Hotel Yang Bisa Bertahan Terhadap Segala Kondisi Cuaca

Selintas, desain hotel ini terlihat seperti persilangan antara Bahtera Nuh dan sesuatu dari film fiksi ilmiah tahun 1970an. Hotel Bahtera futuristik ini dirancang untuk menahan banjir akibat naiknya permukaan air laut"Raksasa mengambang" ini adalah 'biosfer' dan dianggap  sebagai surga yang aman dalam masalah bencana. Menawarkan lingkungan yang hijau, mandiri untuk tamu, hotel berbentuk keong ini akan menahan gelombang pasang dan bencana alam lainnya.


Futuristik: Hotel Bahtera ini telah dirancang untuk menahan banjirakibat kenaikan permukaan laut, menawarkan lingkungan yanghijau, mandiri untuk tamu, dan akan menahan gelombang pasangdan bencana alam lainnya


Arsitek yang menangani hotel ini mengatakan bahwa detail lengkungan dan kabel-kaBel dalam hotel didesain secara detail sehingga berat dapat terdistribusikan secara merata dan tahan terhadap gempa bumi. Desain menggunakan panel surya dan sistem pengumpulan air hujan untuk memberikan penduduk dengan listrik dan air yang cukup. Lingkungan rumah kaca seperti itu yang memang didesain seperti lingkungan hidup menyediakan udara segar dan sumber makanan karena memang baik untuk pertumbuhan vegetasi hayati. Karena struktur bangunannya yang tembus sinar matahari, maka di desain pula penyaring melalui ruang internal untuk menyesuaikan kebutuhan cahaya. Dan untuk menjamin kualitas cahaya, bingkai bangunan dilindungi oleh lapisan pembersih. 

Biosfer: Desain, yang menggunakan panel surya dan sistem pengumpulan air hujan untuk memberikan penduduk dengan listrik dan air, dapat disesuaikan untuk bekerja  pada baik tanah dan air

Hotel berbentuk bahtera ini dirancang oleh Remistudio, perusahaan Rusia dan didukung oleh Serikat Arsitek Internasional untuk penanggulangan bencana alam. Alexander Remizov, dari Remistudio menyatakan  bahwa untuk masalah aristektur bangunan ini ada dua masalah utama yaitu :Pertama,  Pemeliharaan keamanan dan tindakan pencegahan terhadap kondisi lingkungan yang ekstrim serta perubahan iklim. Permasalahan kedua adalah perlindungan lingkungan alam dari aktivitas manusia.







Sumber : 

No comments:

Post a Comment