Thursday 22 December 2011

Wejangan Pak Kepala Jurusan

“Kalian boleh saja memiliki IPK sama-sama 3 koma sekian, tapi.... orang dengan softskill yang lebih baik akan lebih mudah diterima di mana saja mereka berada termasuk di lingkungan pekerjaan” (RWS,2011)


            Kata-kata tersebut adalah petuah yang disampaikan Bapak Kepala Jurusan Keteknikan Pertanian FTP UB, Pak Ruslan Wiro Soedarmo (RWS) saat acara yudisium kami bulan juli 2011 kemarin. Bukan tanpa alasan, beliau berpesan demikian. Melihat kondisi sekarang, masih banyak  teman-teman yang belum sadar akan pentingnya softskill dalam perjalanan akademis mereka. Yang penting dapat IP Bagus dan dapat lulus cepat, itu sudah baik. Yup, itu memang benar meskipun belum sepenuhnya....

            Sebenarnya softskill itu apa sih?? Kalau ada yang namanya softskill pasti ada yang namanya hardskill juga ya??Yup... memang ada yang namanya hardskill dan ada juga yang namanya softskill. Keduanya saling melengkapi. Kalau dijelaskan secara garis besar, hardskill itu adalah kemampuan khususatau spesialisasi kita dalam kuliah atau bekerja. Hal itu bisa saja dilihat  dengan parameter misalnya lewat rapor atau IPK kita.Sedangkan softskilllebih dikenal dengan kemampuan seseorang dalam menjalin hubungan baik dengan orang lain. Hal itu bisa saja berupa kemampuan komunikasi yang baik, kepedulian sosial, setia kawan, kebiasaan baik, ataupun yang lainnya.


Keseimbangan dari pertumbuhan hardskill dan softskill akan membuat kita mengalami sukses lebih cepat dan lebih jauh dari kesuksesan yang hanya ditunjang oleh salah satu faktor tersebut. Perpaduan antara hardskill, dan softskill sangat diperlukan untuk meraih jenjang karir yang tinggi atau memperluas koneksi bisnis kita nantinya.

Terimakasih Pak Ruslan...

1 comment:

  1. Joss,, softskill harus kuar dibangun beriringan dengan hardskill,,

    ReplyDelete