Tuesday 17 January 2012

Perbedaan Lemak Jenuh dan Lemak Tak Jenuh




Untuk mengetahui perbedaan antara lemak jenuh dan takjenuh utamanya adalah, dua jenis tipe lemak yang ditemukan dalam makanan,dapat menolong mebuat kolesterol anda lebih rendah. sedangkan kedua jenis lemak(jenuh dan tak jenuh) dalam berbagai jenis makanan, pembelajaran telah menemukan bahwa lemak tidak dibuat sama.lemak tak jenuh sangat bermanfaat bagi jantung anda, sedang lemak jenuh dapat mengganggu kolesterol anda dan jantung anda. 


Lemak jenuh terdapat di hewan dan produk-produk makanan olahan seperti daging, produk susu, kripik, dan yang merusak. Struktur kimia dari lemak jenuh adalah sepenuhnya dengan atom hidrogen, dan tidak mengandung dua rantai ikatanantara atom-atom karbon. Lemak jenuh tidak menyehatkan jantung, karena mereka adalah yang paling dikenal untuk meningkatkan kolesterol LDL anda (kolesterol yang buruk).

Lemak tak jenuh,di sisi lain, ditemukan makanan seperti kacang, avocado, dan zaitun(olive). Mereka cair pada suhu kamar dan berbeda lemak jenuh dalam struktur kimia yang berisi dua rantai ikatan. selan itu, peneliti telah menunjukkan bahwa lemak tak jenuh juga menyehatkan jantung-mereka mempunyai kemampuan untuk menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan HDL kolesterol (kolesterol baik).

Jadi, jika anda sedang mencoba untuk mengikuti diet menurunkan kolesterol, Konsumsilah lemak tak jenuh sebaiknya anda tidak meningkatkan tingkat koleserol yang lebih tinggi. Bagaimanapun, anda harus mengurangi, bahkan menghindari makan yang mengandung lemak jenuh yang tinggi.


Sumber :Rolfes SR, Whitney E. Understanding Nutrition, 3rd ed 2005

No comments:

Post a Comment