Wednesday 13 October 2010

Sekedar Catatan Kecil Untuk Para Pencari Ilmu




Sobat, ada pepatah yang mengatakan “bodoh itu sempit”,pemiliknya mudah terjerumus pada kesusahan. Sedang “Ilmu itu luas”, pemiliknya selalu berjiwa besar dan tidak mudah tertipu.  

Seorang ulama besar sufi dari Banten, Abuya Dimyathi sering menjelaskan perlunya setiap santri memiliki “trilogi niat santri” dalam mencari ilmu. Tiga niat itu yaitu:
1.       Mencari ilmu adalah perwujudan rasa syukur kepada Allah atas anugerah diberi akal dan anugerah diberi tubuh yang sehat.
2.       Mencari ilmu adalah untuk menghilangkan kebodohan dan membersihkan amal-amal agar sah menurut syara’ dan bersih dari segala hal yang mengeruhkan dan menggugurkan amal.
3.       Mencari ilmu adalah bentuk kepatuhan (kewajiban) karena mencari ilmu (ngaji) sifatnya diperintahkan.

Sesungguhnya setiap amal itu di nilai dari niatnya, jadi kalau niat anda sekolah, nyantri, kuliah hanya untuk mencari ijazah ataupun gelar tentu akan sangat disayangkan. Istilah jawanya “eman-eman”. Anda sebagai makhluk sempurna lebih besar daripada gelar ataupun ijazah itu. Dan biarkan ijazah atau gelar itu yang mengejar anda. Raih nikmatnya ilmu pengetahuan tanpa diembel-embeli pamrih apapun.

No comments:

Post a Comment